Logo Revu Indonesia |
Revu Indonesia | Perusahaan digital marketing terbaik di Indonesia, Adplus, meluncurkan sebuah platform berbasis situs web bernama Revu yang mengusung konsep campaign untuk melakukan review atau ulasan terhadap barang dan jasa.
CEO Revu Indonesia Yazid Faizin mengutarakan riset yang telah dilakukan timnya menunjukkan bahwa kebanyakan pengguna internet generasi milenial selalu mencari review atau testimoni terhadap barang atau layanan yang akan mereka beli atau gunakan.
Hal tersebut mendorong dibentuknya Revu yang menjadi wadah untuk me-review barang atau jasa dan memberikan kesempatan kepada reviewer atau blogger untuk mendapatkan sampel gratis dan bekerja sama sebagai pembuat konten.
"Kami menyediakan sebuah platform dimana orang-orang bisa bergabung dan berkesempatan mencoba produk atau layanan terbaru," katanya Yazid Faizin.
COO Revu Indonesia Pandu Wirawan mengatakan platform ini menjembatani antara agency advertising yang ingin produknya direview dengan para blogger selaku pembuat review.
Pandu menyampaikan bahwa pemilihan blogger bukan tanpa alasan. Menurutnya, blogger mempunyai kekuatan dalam hal mereview produk secara lengkap melalui tulisan disertai dengan foto dan video.
Hal tersebut dinilai Pandu merupakan strategi yang cocok untuk klien yang ingin meningkatkan kepercayaan brand sebuah produk yang nantinya akan berdampak terhadap trafik penjualan.
“Blogger itu meskipun kecil tapi punya kekuatan untuk brand awareness yang mendalam dan trust, karena mereka yang engage langsung dengan real customer,” katanya di Jakarta.
Pengaruhi Keputusan Konsumen
Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa blogger memiliki pengaruh yang besar terhadap keputusan final pembelian konsumen.
Sistem kerja platform Revu berupa campaign review berbagai produk yang dapat diakses blogger melalui website https://id.revu.net .
Para blogger yang telah mendaftar bisa memilih berbagai kategori campaign untuk kemudian diseleksi dan dipilih dengan jumlah tertentu dan akan diberikan sampel gratis untuk melakukan review produk tersebut.
Proses seleksi tersebut dilakukan oleh pihak Revu Indonesia bersama dengan klien yang menyediakan campaign produknya di situs web Revu Indonesia.
Blogger terpilih yang lolos seleksi akan mendapatkan sampel gratis dan diharuskan membuat review produk atau layanan jasa di blog mereka masing-masing dengan menyertakan tautan di situs web Revu Indonesia.
Setelah itu, Blogger yang melakukan review sesuai ketentuan akan mendapatkan bonus berupa voucer, sampel gratis, atau uang tunai dari klien yang produknya direview. Pada setiap campaignnya, Revu Indonesia akan memilih satu Best Review yang akan mendapat bonus tambahan.
Kategori produk yang terdapat di website Revu Indonesia diantaranya cafe dan restoran, hiburan, layanan kecantikan, hotel, travel, teknologi, dan lain-lain.
Pendapat Masyarakat
Managing Dirctor Revu Indonesia Jimmy Lin mengatakan sampai saat ini terdapat 1.500 blogger yang terdaftar di pusat data Revu Indonesia dan 16 brand dari berbagai kategoti seperti Sharp, Chill Bill, Krakakoa, Zenrooms, dan lain-lain.
Ke depannya, Jimmy Lin mengatakan pihaknya akan terus menambah jumlah blogger hingga mencapai 10.000 pada akhir 2018.
Dalam waktu dekat, menurut Jimmy Lin, Revu Indonesia juga akan memperbanyak jumlah perusahaan yang bergabung, khususnya di wilayah Jabodetabek. Akan tetapi, rencana jangka panjangnya juga menyasar berbagai daerah di Indonesia, "Kami juga akan target ke kota-kota seperti Bandung, Jogja, Padang," katanya.
Dia melanjutkan, selain hal tersebut, Revu Indonesia juga akan mengadakan workshop dalam rangka mengedukasi para blogger untuk meningkatkan kemampuan mereka sehingga bisa menghasilkan konten marketing yang menarik.
Jimmy Lin yakin platform baru ini akan mendapatkan respons positif dari masyarakat Indonesia.
“Very optimist karena ini merupakan pendekatan yang cocok bagi brand untuk memperkenalkan produk, ditambah kita punya banyak blogger aktif di seluruh Indonesia,” ujarnya.
Info lebih lanjut : https://id.revu.net