Sejarah 4 Pemimpin Cantik Nusantara

Halo, Harian Wanita Indonesia
Hawania.blogspot.com, Siapa bilang wanita Indonesia cantik tidak bisa menguasai negeri? Dahulu kala, terutama pada masa kerajaan, tanah air tercinta kita Indonesia pernah memiliki penguasa-penguasa cantik. Raja yang berkuasa kali itu diemban oleh seorang wanita cantik. Wanita Indonesia dengan paras yang cantik dan kemampuan luar biasa untuk bisa berada di atas tahta pemerintahan membuktikan bahwa wanita Indonesia juga punya potensi sama dengan pria. Yuk kenalan dengan Sejarah 4 Pemimpin Cantik Nusantara.

1. Gayatri Rajapatni

sejarah-4-pemimpin-cantik-nusantara-harian-wanita-indonesia-hawania-gayatri-rajapatni
Gayatri Rajapatni

Gayatri Rajapatni, Kerajaan Majapahit sebagai salah satu kerajaan yang besar di pulau Jawa memiliki sosok wanita cantik dibalik kejayaannya. Nama Gayatri Rajapatni tidak begitu dikenal dibandingkan dengan penguasa Majapahit lainnya, ketika justru mantan Duta Besar Kanada di Indonesia mengungkap peran Gayatri Rajapatni. Beliau sosok wanita Indonesia  hebat istri ke-4 Raden Wijaya, dikenal memiliki kebijaksanaan dan akal budi yang terasah. Gayatri Rajapatni lebih memilih menjadi bhiksu dan menjadikan putrinya Tribuwana untuk naik tahta. Beliau berperan sebagai penasihat spiritual raja-raja Majapahit hingga akhir masa hidupnya.

2. Tribuwana Wijayatunggadewi

sejarah-4-pemimpin-cantik-nusantara-harian-wanita-indonesia-hawania-tribuwana-wijayatunggadewi
Tribuwana Wijayatunggadewi

Tribuwana Wijayatunggadewi, Mewarisi kebijaksanaan sang ibu, Tribuwana Wijayatunggadewi tumbuh menjadi pemimpin handal pada Kerajaan Majapahit. Kerajaan tersebut terancam dengan adanya perang saudara memperebutkan kekuasaan. Akan tetapi dengan kepiawaiannya memimpin dan memilih pengikut setia Majapahit tetap utuh saat Tribuwana Wijayatunggadewi bertahta. Beliau juga yang mengangkat Gajah Mada sebagi penasihat utama kerajaan hingga dapat menaklukan seluruh Nusantara di bawah kepemimpinan Majapahit. Disebabkan hal ini pula Tribuwana Wijayatunggadewi dikenal dengan julukan Ratu Penguasa Lautan.

3. Ratu Shima

sejarah-4-pemimpin-cantik-nusantara-harian-wanita-indonesia-hawania-ratu-shima
Ratu Shima

Ratu Shima, Kerajaan Ho-Ling atau yang dikenal dengan Kerajaan Kalingga dulu merupakan salah satu kerajaan berbasis di Jawa Tengah. Salah satu pemimpin wanita Indonesia cantik yang cukup dihormati masyarakatnya adalah Ratu Shima. Cerita paling terkenal mengenai Ratu Shima ialah mengenai ketegasannya dalam hukum, siapapun harus dihukum jika diketahui bersalah tanpa pandang bulu. Seorang raja asing menguji ketegasannya itu dengan menaruh kantung berisi emas di tengah kota, tetapi malah sang putra mahkota yang menyentuh kantung itu dengan kakinya. Ratu Shima menjatuhkan hukuman mati untuk putra kandungnya sendiri, namun berkat bujukan para pejabat akhirnya pangeran dihukum dengan dipotong kakinya.

Di era modern ini, pemimpin lain berlomba-lomba melakukan praktik nepotisme tanpa malu. Hukum juga sangat sulit ditegakkan dengan adanya orang yang mudah disuap dengan uang. Sangatlah teladan untuk memiliki ketegasan seperti Ratu Shima.

4. Ratu Suhita


sejarah-4-pemimpin-cantik-nusantara-harian-wanita-indonesia-hawania-ratu-suhita
Ratu Suhita


Ratu Ayu Kencana Wungu atau dikenal dengan Ratu Suhita mewarisi tahta Majapahit sebagai penguasa ke-7 tahun 1427-1447. Di umur yang masih muda 20 tahun, Ratu Suhita (Ratu Ayu Kencana Wungu) dapat memimpin Kerajaan Majapahit seperti pendahulunya, Tribuwana Wijayatunggadewi. Pada saat beliau memerintah bersama Suaminya Bhra Hyang Parameswara, kecakapannya membawa Kerajaan Majapahit semakin berjaya. 

Di tangan para pemimpin wanita cantik inilah, kejayaan kerajaan masing-masing dapat kita kenal sampai saat ini. Tidak hanya paras cantik, namun juga hati yang cantik melahirkan sifat-sifat baik pada seorang wanita.

Postingan Populer